Ditunjang Fayankes Memadai dan Canggih, RSUD Moh Anwar Sumenep Tingkatkan Kualitas Pelayanan


MEDIA MATA BIND SUMENEP, - Dengan tersedianya Fasilitas pelayanan kesehatan (Fayankes) lebih memadai dan lebih canggih, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. H. Moh. Anwar Sumenep terus meningkatkan kualitas pelayanan terbaik untuk masyarakat. Hal ini dilakukan sebagai upaya mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan di Kabupaten Sumenep, Jawa Timur. Selasa (27/5/2025)

Direktur RSUD dr. H. Moh. Anwar Sumenep, dr. Erliyati, M.Kes melalui Kasi Informasi RSUD dr. Erfin Sukayati, M.Kes menyampaikan bahwa, pelayanan yang diberikan kepada masyarakat harus diimbangi berbagai fasilitas yang memadai, sehingga kebutuhan masyarakat dapat dipenuhi dengan baik.

Seperti misalnya adanya petugas konsultasi Mobile JKN yang selama ini sangat membantu pasien JKN-KIS/UHC dalam mendapatkan layanan di RSUD dr H Moh Anwar Sumenep, khususnya bagi pasien yang berkunjung ke Poliklinik.

"Ini adalah bukti komitmen bahwa Rumah Sakit ini telah berupaya semaksimal mungkin untuk selalu mempermudah, ini yang perlu ditekankan, mempermudah. Siapa yang dipermudah? Tentu pasien JKN-KIS atau UHC. Hal Itu juga sebagai bentuk komitmen kami terhadap janji layanan," kata dr. Erfin menjelaskan.

Sebagai Rumah Sakit milik pemerintah yang saat ini sudah berstatus kelas B, RSUD dr. H Moh Anwar Sumenep harus diakui merupakan rumah sakit dengan layanan termasuk yang lengkap di Sumenep.

Lanjut dr. Erfin mengatakan, ada beberapa layanan kesehatan hanya ada di RSUD Sumenep ini diantaranya; layanan spesialis bedah Onkologi, spesialis Ortopedi, layanan Cuci darah (Hemodialisa), layanan kemoterapi dan lain-lain.

"Di Rumah Sakit ini juga memiliki fasilitas unggulan dengan pengadaan alat kesehatan (Alkes) yang lebih canggih, seperti alat radiologi, USG, 4DCT-Scan, Ventilator, dan Digital Radiografi," ungkapnya.

Lebih lanjut kata Erfin, untuk rawat inap, terdiri dari Graha Rawat Inap Utama (GRIU), ruang perawatan penyakit dalam, ruang perawatan bedah, ruang perawatan anak, ruang perawatan obstetrik dan genikologi, ruang perawatan intensif, ruang perawatan intermedia.

Adapun untuk penunjang pelayanan RSUD Sumenep yakni ada 2, yang pertama; penunjang pelayan medik yang terdiri dari laboratorium, instalasi radiologi, instalasi gizi, instalasi farmasi, instalasi CSSD, ambulance, dan rehab medik. 

Dan yang kedua; untuk penunjang pelayanan non medik, yakni instalasi pemeliharaan sarana rumah sakit, instalasi pemulangan jenazah, instalasi sanitasi, sekuriti, laundry, SIM RS, front office, ISO, instalasi peduli pelanggan, dan K3.

"Yang jelas, kami akan terus berupaya semaksimal mungkin untuk memperhatikan pelayanan kepada masyarakat, agar Rumah Sakit ini dapat memberikan pelayanan terbaik dan terlengkap," pungkasnya.

Pihaknya juga berharap sinergitas dari semua pihak agar segala upaya peningkatan di RSUD dalam memberikan pelayanan bisa berjalan dengan baik.

(Ong)

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

Lebih baru Lebih lama