Badan Usaha Milik Desa ( Bumdes ) Muda Karya Mandiri Desa Kliwonan Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo Hidup Segan Mati Tak Mau


MEDIA MATA BIND Purworejo,- Media Matabind. Com, Badan Usaha Milik Desa Kliwonan Kecamatan Banyuurip Kabupaten Purworejo sampai saat ini ada pepatah Hidup segan mati tak mau.

Bumdes yang di bentuk di Tahun 2019 , setelah di Tetapkan Pemerintah Desa  kliwonan Ruwiyanto memberikan Dana Kepada Bumdes 2 kali .

Tahap Pertama Dikucurkan dana sebesar Rp. 150.000.000,- dan yang Kedua Rp.20.000.000,- Total dana Dikucurkan sebesar Rp. 170.000.000,- dana tersebut digunakan Oleh Bumdes untuk Pembangunan Kantor Bumdes, untuk Pembelian Alat - Alat Kantor  = Mesin Foto Copi. Laptop, dll.

Ketua Bumdes  " Muda Karya Mandiri "   menyampaikan ke Media ini di Kediaman Kliwonan bahwa dari Berdirinya Badan Usaha Milik Desa ini, kami dan Staff melaksanakan sesuai dengan apa yang di tetapkan bersama yaitu sebagai Supplayer  Pengadaan Material dan Pengadadaan Alat - alat Tulis Kantor ( ATK ) dan Foto Copy. Kami sebagai supplayer  Pengadaan Material Bahan - bahan Bangunan bekerja sama dengan Pemerintah Desa Kliwonan,  kurang lebih 6 bulan berjalan, memang betul yang beredar di Masyarakat bahwa Bumdes Muda Karya Mandiri sudah memiliki Kendaraan roda 4  / Mobil Pick Up, Kendaraan tersebut digunakan untuk Langsir Material ke Lokasi Proyek yang sedang dibangun.

Kami Akui Kendaraan tersebut tidak Baru / bekas karena diaturan Pembelian Kendaraan / Mobil harus Baru. Selama kami dapat tugas Dari Pemerintah Desa untuk mensupply Mobil kami gunakan untuk langsir material . Kami Bekerja sama dengan Pemerintah Desa hanya kurang lebih 6 Bulan . Setelah 6 bulan berjalan kami tidak di beri Pekerjaan dari Pemerintah Desa karena Kepala Desa Ambil Supplyer dari Luar. Lebìh lanjut Wiwit nama Panggilannya menyayangkan  kepada Pemerintah Desa Kliwonan harusnya Putera Daerah yang harusnya di beri pekerjaan apalagi Kami kan Bumdes yang akan tentunya akan menambah PAD ( Pendapatan Asli Daerah ). Setelah kami tidak mendapatkan Pekerjaan Mobil juga tidak digunakan, akibat mobil tidak jalan lama - lama kropos dan Rusak.

kami musyawarah dengan Anggauta Bumdes dan BPD, Pengawas Bumdes dengan kesepakatan Mobil dijual. Mobil laku Rp. 10.000.000 ,- keuangan kami simpan bersama keuangan Bumdes Jumlah keuangan Bumdes  Muda Karya Mandiri total Masih Ada Rp. 20.000.000,- keuangan masih ada. Keuanganan dan Keadminiatrasian beserta Aset Bumdes besuk akan kami serahkan ke Pada Pemerintah Desa, sampai saat ini 4 Anggauta sudah Mengendurkan diri tinggal Saya ( Ketua ) saja yang masih Ada.
 
Sebenarnya masalah di Bumdes Kliwonan sudah di Mediasi Oleh Pihak kecamatan Banyuurip Tetapi tidak bisa rampung hanya waktu itu Pak Sekcam Banyuurip Siswantoro Dwi Nugroho yang mewakili Ibu Camat Yuni ini adalah masalah Intern monggo diselesaikan di Intern Pemerintah Desa. Dan sampai sekarang  Bumdes Kliwonan belum kunjung selesai.

Sekretaris Desa Kliwonan Nunung membenarnya Bumdes muda Karya Mandiri didirikan pada bulan Juni 2019 dan diberi Modal oleh Oleh Pemerintah sebesar  Rp.150.000.000,- dana tersebut digunakan Utuk Operasional Bumdes bekerjaà sama dengan Pemerintah Desa menjadi supplyer Pengadaan Bahan - bahan Bangunan. Selama 6 bulan berjalan Bumdes mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 6.600.000,'

Tahun 2021 karena  Bumdes sudah tidak berjalan Lagi tidak ada kegiatan karena Pemerintah Desa sudah tidak lagi menggunakan Bumdes untuk  supply material. Tentunya pendapatan Bumdes Tidak Ada oleh sebab itu Bumdes Off dulu karena Bumdes tidak bisa balance  antara  Pemasukan dan Pengeluaran keuangan Bumdes  yang masih tersisa dan dari Penjualan Mobil di Masukan dalam Rekening. Dan semua Aset Bumdes Masih Ada. 

Harapan ke depan Sekdes Kedepan Bumdes harus berjalan lagi.

Ditempat terpisah Kepala Desa Kliwonan Ruwiyanto Membenarkan Bumdes Kliwonan sudah tidak berjalan selain itu Pengurus tinggal Ketua Saja yang Lain sudah mengundurkan diri .
Menurutnya Bumdes tidak diberi  Pekerjaan dikarenakan penawaran lebih Mahal dari Pada Penawaran dari Luar. 
Bumdes akan di selesaiakan dalam arti akan  rampungkan sebelum Purna Kades di Bulan Desember 2023.

Mantan kepala Desa Kliwonan Suwasno  masalah Bumdes di Kliwonan  bisa selesai permasalahanya harus duduk Bersama antara Kepala Desa Kliwonan, BPĎ, Pengurus Bumdes, Tokoh Masyarakat Kliwonan, untuk musyawarah Penyelesaian. 

( Mr. Bien )

Post a Comment

MEDIA MATA BIND

Lebih baru Lebih lama